Senin, 12 Maret 2018

Persiapan LO - Laparoskopi ; Konsul Dokter Penyakit Dalam, Jantung, Anastesi (12,13,14 Maret 2018)

Konsul Dokter Penyakit Dalam (12 Maret 2018)

Di RSUP Fatmawati, kita konsul ke poli sehari maksimal 1 poli. Jadi ga kayak di RS swasta gitu yang bisa semuanya dilakukan dalam 1 kali kunjungan. Dan untuk berkunjung ke 1 poli aja, masyaAllah bener2 bikin sakit kepala.. karena antriannya banyak banget.. Semisal hari ini aku ke poli penyakit dalam, jam stgh 8 aku udah standby di loket pendaftaran.. tapi baru dipanggil di loket itu jam stgh 10. Setelah itu antri lagi di poli nya.. dan aku baru dipanggil itu jam 11an menjelang dhuhur karena pas keluar Poli pas banget adzan dhuhur.. Padahal mah ketemu dokternya kayaknya ga ada 5 menit deh.. Cuma ditanya riwayat penyakit aja sama dibilangin kalau hasil cek lab nya bagus ga ada masalah, dan kamu saya acc untuk operasi. Wis gitu thok.. Lanjut besok untuk konsul dokter jantung, besoknya baru ke dokter anastesi.. Yang anastesi itu tanpa pengantar, cuma dibilangin sama suster di penyakit dalam pas ngumpulin mapnya.

Oya untuk hasil cek lab nya bener2 aku lupa foto.. padahal nginep di rumah hampir seminggu itu.. ga tau juga kalau hasil lab nya bakal di ambil. Tapi ya meskipun di fotoin kita ga ngerti juga bacanya..
Kalau yang aku lihat sih ada sedikit bakteri di urine nya.. feeling sih karena kurang minum aja.


Konsul Dokter Jantung (13 Maret 2018)

Di poli ini masih sama sih antrinya lama.. Pagi-pagi setelah dari loket pendaftaran, langsung antri ke poli jantungnya.. Karena masih pagi sekitar jam 8 lewat dan dokter belum datang juga.. Jadi di poli jantung diadakan seminar tentang jantung koroner. Dijelaskan juga penyebab-penyebabnya, dan untuk mencegahkan harus bagaimana. Kesannya simple sih ya, tapi ini penting karena kebanyakan penyakit jantung itu mengenai orang usia 50 ke atas.. Orang yang mempunyai keluarga yang punya sakit jantung, kemungkinan akan menurun ke keturunannya tapi ga setiap yang punya sakit jantung adalah turunan dari ortunya.. Kita juga wajib menjaga kesehatan, jaga makan dan rutin olahraga.

Oya, alhamdulillah sih dulu sudah pengalaman rekam jantung (EKG). Buat temen2 yang mau konsul ke poli ini untuk persiapan operasi, usahakan pakai kemeja yaa.. atau baju kaos yang gampang buat dilipat ke atas.. karena kita bener2 telanjang dada untuk rekam jantung ini.. tenang aja.. disini rekam jantungnya dipisah kok antara laki2 dan perempuan..
Setelah EKG baru tunggu panggilan ke dokter jantung.. Sayangnya pas giliranku, para dokter lagi rapat pajak.. Dan pas aku masuk, dokternya masih aja debat masalah pajak..
Ngomongin pajak sih emg sekarang jadi krusial yaa.. di kantorku yang notabene lembaga non profit, sekarang udah dikenakan pajak, dan kita2 juga sudah mulai diwajibkan untuk lapor pajak mandiri tiap bulan.. meskipun ptkp nya nihil. Aku sih ga begitu paham yaa.. silahkan bertanya pada ahlinya.

Eh terus pas ke dokter, dokternya cuma ngecek detak jantuk pake stetoskop, liat berkas dan bilang "bagus". Kayaknya sih ga nyampe 5 menit yaah..


Konsul Dokter Anastesi (14 Maret 2018)

Dan terakhir adalah konsul ke dokter anastesi. Sejauh ini, konsul kesinilah yang tercepat dari semuanya.. Daftarnya juga via online sih langsung dapet nomor, esoknya langsung ke loket 10 yang khusus pendaftaran online.. Menurutku lebih cepet daftar online karena bisa dapet nomor awal, dan antriannya belum sebanyak kalau kita antri di loket aslinya. Habis dari situ ngumpulin ke keranjang poli, ga lama dipanggil untuk tensi dan disuruh isi surat pernyataan menyetujui untuk tindakan anestesi nya.. dipanggil lagi ketemu dokter, cuma ditanya2 sebentar terkait riwayat penyakit, trus diinfo sebelum operasi puasa minimal 6 jam ga makan dan minum, biusnya total. Udah gitu aja trus pulang.. thats simple. Biasanya kelar konsul jam 12 pas dhuhur, eh ini jam 10-an juga udah kelar.

InsyaAllah senin terakhir konsul ke dokter kandungan. Mohon do'anya ya teman-teman..

Eh lupa, disana sih tiap jam 8 teng, di loket selalu ada pengarahan dari petugas. Ada beberapa hal sih yang aku inget, kurang lebih:
  1. Pendaftaran poli sudah bisa online , pake sistem yang disediakan RS sudah siap cetak nomor antrian atau bisa via web RSUP Fatmawati (di sini). Kecuali poli jantung dan penyakit dalam kalau ga salah, karena dua poli itu sudah cetak tiket dari polinya sendiri. Tapi ini bisa ditanyakan aja ke petugas yaa.. karena lagi fokus antrian jadi agak kurang2 denger gitu deh.
  2. Pendaftaran poli sudah bisa scan barcode bpjs di tempat pengambilan nomor antrian. Ini baru ada di poli kebidanan dan kandungan aja.
  3. Peserta bpjs bisa dari klinik/puskes langsung ke fatmawati. Tapi, harus ke kantor bpjs yang di fatmawati dulu baru ambil nomor antrian untuk ke loket pendaftaran. Kata petugasnya sih malah ribet, karena antrian di BPJS nya aja panjang banget.. bahkan bukanya sama dengan jam buka di loket pendaftaran RS. Jadi bisa siang baru kelar pendaftaran di loketnya.. lebih simple kalau dari klinik/puskes ke RS tipe B dulu baru minta rujuk ke RS tipe A (Fatmawati), itu langsung bisa ambil nomor di loket pendaftaran.
  4. Berkas yang harus dilengkapi atau harus dibawa serta bagi peserta BPJS : copy rujukan dari klinik/puskes, copy rujukan dari RS tipe B dan copy BPJS. Setiap daftar di loket pendaftaran harus menyertakan dua rujukan itu yaa,, meskipun aku waktu itu cuma 1 doang rujukan dari RS tipe B nya aja yang lampirkan. Tapi buat jaga2 daripada bolak balik ya mending dicopy juga sekalian.. 
  5. Masa berlaku rujukan adalah 3 bulan sejak diterbitkannya surat rujukan tersebut. Misal di situ tertulis bulan January 2018, maka bulan April kalau mau kesitu untuk konsul, periksa atau kontrol apapun.. harus sudah diperpanjang. Kalau ga ya ga bisa.. eh bisa sih, tapi harus ngurus2 ke kantor bpjs yang di rs fatmawati dulu, ribet.

Itu aja sih.. makasih udah baca !


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ada masalah apa bunda kok smp hrs operasi?sy ikuti cerita sblmnya tdk menemukan masalah (mungkin selip baca)

Lis mengatakan...

hai bunda salam kenal,
saya tetiba ada kista pas di usia pernikahan 4th.. ada kok, mungkin bisa di buka2 lagi yaa.. sy ceritakan pas nyeri haid sehingga di vonis ada kista.. terima kasih sudah berkenan membaca ya bunda..

Tim ivegotago.com mengatakan...

Hallo kak . Salam kenal sebelumnya.
Mau tanya.
Dari jadwal anestesi ke dokter kandungan, kemudian dapet jadwal operasi, jedanya berapa lama yah ?

Sempet baca-baca juga katanya kita harus stock darah ya sebelum operasi ?
Btw untuk operasi d rs fatmawati, apakah lokasinya d griya husada kak?

Mohon infonya yah ^^

Kehamilan Kedua

            Waktu itu tanggal 7 Februari 2021, ada seseorang share di grup wa tentang seleksi beasiswa S2 tazkia jurusan magister ekonomi sy...