Senin, 05 Maret 2018

Persiapan LO - Laparoskopi ; Laboratorium & Radiologi (05 Maret 2018)

Hari ini pertama konsul untuk persiapan operasi. Yakni ke laboratorium untuk cek darah + urine lengkap, dan photo thorax di radiologi.

Seperti yang pernah aku bilang sebelumnya, di rsup fatmawati itu super duper antri semua-muanya. Jadi kalau mau kesini ya harus siap bersabar, dan kalau kamu adalah pekerja kayak aku.. better kamu obrolin masalah kesehatanmu ke atasan untuk mempermudah perijinan. Karena disini untuk konsul itu dari pengalamanku kesana, pasti minimal sampe siang (dhuhur). Jadi pastikan kalau kamu boleh ijin masuk siang.

Pengambilan darah untuk glukosa puasa dan glukosa PP 2 jam.. Kamu harus puasa minimal 10-12 jam (tetep boleh minum air putih loh yaa), setelahnya kamu makan lalu puasa lagi 2 jam.
Diambil darah kurang lebih 90 cc (jadi 3 tabung kecil karena yang akan diperiksa lumayan banyak). Tapi ini ga seberapa sih ya dibanding donor darah 250 cc dan menggunakan jarum yg lebih besar.
Pemeriksaan untuk lab sendiri adalah sebagai berikut :




Surat Pengantar Lab

Rincian Biaya Cek Lab (lumayan lah yaa kalau kena biaya, alhamdulillah dicover BPJS)



Nah, sambil menunggu untuk ambil darah lagi (setelah puasa 2 jam), aku sama suami mendaftar untuk Rongent (Foto Thorax) di gedung Radiologi. Awalnya agak bingung, karena 1 gedung itu untuk pemeriksaan macem2 yang berhubungan dengan Radiologi. Tapi syukur mata yang minus ini melihat tulisan PENDAFTARAN di salah satu meja CS.. (bukan sesuatu yang wah sih, hehe). Bersyukur juga disitu stand by pak satpam, pas mau taroh surat pengantar thorax, diinfo sama pak satpamnya untuk langsung mengantri di pintu 3 (di gedung Radiologi itu ada 5 pintu dengan klasifikasi masing2 ada foto thorax, MRI, foto panggul, dll). Lumayang mengantri juga.., oya baik cek lab maupun radiologi, sekali dipanggil langsung 5 pasien, mungkin untuk meringkas waktu yah.. dan menurutku termasuk efisien.

Disana ngapain aja ? Karena sudah pernah cek keduanya baik ambil darah maupun thorax, jadi sudah bisa menebak sih nanti mau diapakan. Dan khusus untuk foto thorax ini, sengaja pilih baju atasan dan bawahan yang mana baju atasannya mudah dilepas (kemeja kancing), karena disana akan diminta untuk ganti dengan baju khusus untuk foto rongent (biasalah, cuma selembar kain dengan tali), dan semua yang berbau logam harus dilepas (terpaksa harus lepas kerudung juga pas fotonya, sebenere peniti2 sudah dilepas sih, daripada ribut ngikut instruksi aja lah yaa). Ini ga lama kok, cepet, ga sampai 5 menit.

Rincian biaya nya sebagai berikut :





Untuk hasil cek lab diatas, semuanya bisa diambil 1 hari setelah cek, yakni esok hari dan tentunya.. Budayakan antri ! hihi..





1 komentar:

marselia mengatakan...

mau tanya untuk laparoskopi dengan bpjs harus minta rujukan kemana ya? soalnya saya minta rujukan dari puskesmas malah di kasih rujukan ke rs lain.
padahal mau nya ke rs fatmawati.

Kehamilan Kedua

            Waktu itu tanggal 7 Februari 2021, ada seseorang share di grup wa tentang seleksi beasiswa S2 tazkia jurusan magister ekonomi sy...