Jumat, 18 Oktober 2019

Laparoskopi

Sudah lama ingin nulis pengalamanku laparoskopi (LO) kista endometriosis / kista coklat, tapi apa daya malah kelupaan.. Blog ini pun secara ga sengaja nemu pas lagi googling sesuatu.. Jadi coba-coba untuk masuk lagi (sempet kebingungan cara masuk ke blog sendiri, wkwk_ maklum pemula).

Jadi alhamdulillah.. hari Jum'at 23 Maret 2018 terlaksana juga aku operasi LO. Awalnya tegang, deg2an, ga bisa diungkapkan dengan kata-kata deh karena ini sekali-kalinya aku rawat inap di RS, untuk operasi pula. Tapi sangat-sangat bersyukur punya suami yang support banget, ikhlas banget nungguin bolak balik ke RS, ngurus administrasi.. Ya meskipun sedih ga ada yang nengokin, hahaha.. Pas banget temen2 kantor ada acara keluar kota sih, terus sengaja ga ngabarin temen2 deket.. Apalah, masak ngasih kabar yang ga nyenengin gini ye kan..

Dimana aku LO dan dengan dokter siapa, mungkin aku ceritain ulang lagi aja ya, siapa tau ada yang belum baca tulisan2 aku sebelumnya..

Jadi aku LO dengan dr Agus Surur Asaadi, SpoG (k) di RS Fatmawati, dengan pembayaran via BPJS alias semua FREE.. alhamdulillah ini sangat-sangat ngebantu banget, karena jika berbayar pasti butuh biaya yang ga sedikit.. bisa sekitar 30-45 juta pengalaman temen-temen sih.

Ini aku mau cerita detail, tapi agak-agak lupa.. Padahal niat banget waktu itu sengaja foto-foto biar lebih greget gitu ceritanya.. masih ada fotonya di HP, next time semoga bisa aku posting ya..
So, ini berdasar yang aku inget aja.. Oya, beberapa cerita inti karena aku udah pernah post di forum female dayli, jadi tadi sempet ngubek-ngubek postingan aku biar ngarangnya ga kebangetan karena lupa, hehe..

Aku dapet jadwal LO di hari Jum'at 23 Maret 2018. Inipun harus antri, buat dapetin jadwal itu udah antri dari bulan Januari 2018 loh.. Nah hari Rabu tanggal 21 Maretnya aku diminta dateng, aku pikir, oke bakal ijin kantor setengah hari seperti biasa kalau aku konsul kesini kan.. Udah niat banget ngantor abis dari RSF. Eh pas dateng diantar suami, ga taunya sama suster udah langsung rawat inap.. kaget dong yaah.. kirain operasi jumat, biasanya mulai masuk sehari sebelumnya yakni kamis.
Sempet nego juga sama susternya, eh kata susternya kalau ga masuk sekarang blm tentu nanti2 dapet kamar.. Oke fine, untungnya malem Rabu di rumah udah prepare tas yang buat ranap di RS.. macam ibu2 mau melahirkan gitu , bawa baju ganti, perlengkapan mandi, perlengkapan sholat, dll.
Setelah itu langsung ngabarin atasan dong ya, kalau ga bisa masuk kerja karena hrs masuk RS hari itu juga.. Tadinya ga info ke temen2 yang lain, tapi akhirnya di share juga sama atasan.. Well its OK.

Nah pas hari Rabu itu aku masuk lain sendiri ya.. karena kan persiapan kerja, jadi masih pake pakaian resmi kerja gitu.. Pas masuk setelah ngurus administrasi, diantar ke ruang rawat inapnya.. Dan dapet giliran antri dipanggil perawat utk ambil darah dan masukin jarum utk pasang selang infus. Pas pasang selang infus itu aku agak kaget, lah emang langsung diinfus ya.. ternyata tidak sodara-sodara.. Dan itu aku sebel harus nahan sakit di tangan sampai hari Jumat tiba.. kan jadi bengkak tangan akuuu.. Mandi pun jadi susah, ribet..

Biasanya kalau kerja kan aku jarang banget sarapan ya.. Pengen banget siang itu aku langsung makan, tapi tidaaak.. ternyata aku udah harus puasa .. hikss.. Sama ahli gizi juga aku udah di data hanya minum susu sampe hari Jumat.. ditambah malem jumatnya aku dikasih pencahar minum..
Apalah ini yg dikeluarkan nanti.. jadinya ya air-air doang yang dikeluarin..

Hari jumat sebelum subuh, suster udah dateng untuk infoin harus mandi keramas. Okey.. sekarang giliran aku.. Karena aku di kamar kelas 2, jadi di ruangan itu ada 4 orang yang bergiliran Operasi.
Dari situ aku udah mulai tegaaaang bangettt.. Alhamdulillah suami terus2an nenangin.

Setelah wangi, sambil nunggu suster dateng, sambil ga lepas dari dzikir.. Suster dateng sekitar jam setengah 6 atau jam 6-an agak lupa.. Diantar lah aku pake kursi roda. Aku tanya ke suster dong.. "sus, saya bisa jalan sendiri, saya jalan aja .. kan berat".. Soalnya jauh boo dari ranap ke ruang persiapan operasi. Eh sama susternya ga dibolehin, katanya nanti dia dimarahin.. Okelah,, sambil sesekali si mbak susternya minta tolong pak suami utk bantu gantian dorongin kursi roda.

Sampai di ruang persiapan operasi, aku diminta untuk ganti baju operasi, semua perhiasan juga dilepas, terus cek2 tensi sama ada interview sedikit sama petugas.. sambil bergiliran dipanggil untuk masuk ruang operasi.. tentu aja udah di bed yang didorong2.

Kesan aku untuk pertama kali sih, dari ruang persiapan operasi sampai ke ruang operasi, tempatnya nyaman, bersih, steril, adem.. Pokoknya enak.. mengenyampingkan rasa takut sama alat-alat yang di ruang operasi ya..

Sampai di tempat operasi, alhamdulillah tim-tim dokternya baik-baik.. ramah, sambil diajak ngobrol skin test, suntik antibiotik, trus disuntik lagi entah apa.. sambil dengerin percakapan di tim yang nyante banget sambil becandaan.. daaaan.. pas melek tau-tau udah diruang pemulihan.. Dengan beberapa orang yang abis operasi jg.. Whaaa.. ga berasa banget, sampe mikir.. ini beneran udah selesai?

Alhamdulillah masuk ke ruang operasi sekitar jam 7, waktu itu dr Agus nya blm dateng .. entah datengnya jam berapa karena kondisi udah ga sadar. Dan selesai dibawa ke ruang ranap sekitar jam 12-an setelah sholat Jumat. Pas keluar dari ruang pemulihan pertama kali liat muka suamiku, aduuh rasanya kangen speechless kayak berbulan-bulan ga ketemu.. langsung deh dicium kening aku.. huhu.. so sweet..

Hasil LO, ternyata aku kista ga cuma 1 di kanan, ternyata di kiri juga ada, ada perlengketan di tuba kanan dan belum berhasil di koreksi sama dr agus, terus ada polip rahim juga dan udah dibersihkan..
Oya lupa, jadi selain LO, sama dr Agus sekalian hysteroskopi.. Jadi biar semua penyakit yg ada di mulut rahim dan di sekitar rahim sekalian dibersihkan.. (terima kasih dr Agus).

Jadi itu ya pengalaman aku LO. Ada 4 titik kecil. Setelah itu rasanya ga terlalu sakit sih, udah langsung bisa miring kanan kiri, duduk. Dan ga boleh makan dulu sampai kentut atau terdengar pergerakan usus. Alhamdulillah itu juga ga lama kok malemnya langsung makan. Dr Agus juga berkunjung juga, agak lupa malem atau paginya gitu. Sempet ngobrol bentar juga.. intinya dokternya baik banget, kebapakan.. dan sudah ahli dibidang ini.. Semua dokter spesialis di RSF menurutku bagus sih.. cuma sayang fasilitasnya yang agak kurang bersih dll, dibanding RS swasta jauuh. Semoga pemerintah lebih aware yaa sama fasilitas pasien terutama kebersihannya.

Sabtu paginya dimandiin sama suster, agak malu yaa meski sesama cewek.
Terus minggu pagi aku udah minta pulang, ga betah di RS. Senin udah bebenah, Selasa udah masuk kerja..  Minggu depannya udah aerobik garis keras (loncat-loncatan maksudnya). wkwk

Untuk temen-temen, jangan ditiru yaa,, karena setelah LO butuh istirahat yang cukup. Apalagi jika untuk persiapan promil. Olahraga perlu, tapi yang ringan-ringan aja dulu.

Terima kasih ya temen-temen sudah berkenan membaca. InsyaAllah next aku mau cerita tentang inseminasi ku.. Yep, sudah pernah insem juga dong pasca LO.. hehe..

See Yaa !



Tidak ada komentar:

Kehamilan Kedua

            Waktu itu tanggal 7 Februari 2021, ada seseorang share di grup wa tentang seleksi beasiswa S2 tazkia jurusan magister ekonomi sy...