Kamis, 11 Januari 2018

Promil #1 dr Ivander Utama, SpOG

Sama dengan pasangan lainnya yang mendambakan baby after married. Begitu juga dengan kami. Satu bulan, dua bulan, tiga bulan, sampai sepuluh bulan pernikahan tidak kunjung hamil, saya dan suami memutuskan untuk periksa ke dokter kandungan.

Berbekal info dari forum ibuhamil.com , kami memutuskan untuk periksa ke dokter ivander utama, spog di citra ananda ciputat. Selain beliau aktif di forum ibu hamil sebagai konsultan penghuni forum, rsia yang kami kunjungi ini dekat dengan kantor saya.

Saat itu tahun 2015, rsia citra ananda masih tergolong baru berdiri. Yang berkunjung belum terlalu banyak, jadi suasana rs nya juga masih sepi dan asri (karena di tengah2 rs di tanami tumbuh-tumbuhan). Ruang tunggu nya juga nyaman. Perawatnya juga ramah2. Sayangnya after periksa dari sana, kami tidak dibawakan rekam medis kami. Padahal, bagi kami pasangan yang sedang memulai promil itu sangat penting untuk kelanjutan promil kami.

Kami bertemu dengan dr ivander, untuk pertemuan atau kesan pertama, beliau sangat ramah. Masih muda dan yah kata orang-orang ganteng. Ternyata selain di rs citra ananda, beliau praktek juga di rs bunda dan morula menteng. Yah, secara medsos, beliau cukup terkenal lah ya..
Masih ingat kata beliau waktu itu.. "masih 10 bulan nikah, masih baru lah yaa.. nanti kalau udah setahun kamu kesini lagi." .. jadi seinget saya, waktu itu saya dan suami hanya konsul masalah menstruasi sy, tips dan trik, dan dikasih jadwal berhubungan.

Akhirnya kami kembali dan menjalankan promil alami.. banyak hal yang kami coba. Herbal paket madu penyubur sampai berbotol-botol, jus 3 diva, banyak makan alpukat, banyak makan kiwi. Tapi sampai 1 tahun pernikahan lebih, kita tak kunjung hamil. So, kita kembali lagi ke dokter ivander.

Dari situlah awal mula perjalanan kami promil via medis.. dan.. hmm, insyaAllah ceritanya bakal panjang.. haha..

Dengan dokter ivander, kami mencoba promil bertahap. Awal mula haid hari ke-2, USG 2 dimensi (perut) rahim dan indung telur bagus. Kami di resepkan asam folat dan profertil 1x1 dan dijadwalkan berhubungan.

Siklus berikutnya belum hamil, kami datang lagi haid hari ke-2. Mau USG tranvaginal, tapi sy keberatan karena masih deras-derasnya.. akhirnya hanya USG 2 dimensi (perut). Di resepkan asam folat dan profertil 2x1. Diminta datang lagi pas haid hr ke 12 dan 16. Untuk suami diminta analisa sperma. Pas datang hari ke 12, di USG tranvaginal.. katanya sel telur kanan kiri bagus besar dua2nya.. kata beliau, kalau jadi bisa peluang kembar.. hasil analisa sperma suami dinyatakan asthenozoospermia, tapi kata dokternya tidak masalah.. karena presentasenya masih bagus, sedangkan yang dibutuhkan untuk membuahi cukup hanya 1. Pas hari ke 16 datang, usg tranvaginal, ternyata sel telur dua-duanya sudah pecah, dan cairan terlihat di dalam kedua saluran telur/tuba. Dan beliau mengatakan, bahwa kalau terlihat seperti dilayar.. tuba kamu dua-dua nya bagus, tapi masih harus dilakukan test.

Siklus berikutnya belum hamil, dokter menurunkan resep profertil seperti semula 1x1 dan asam folat, suami dikasih resep becom-Zet. Daan, sayang nya itu semua belum berhasil sampai siklus berikutnya. Oya, pada waktu kami antri menunggu giliran bertemu dr ivander, kami bertemu dengan bumil. Beliau sudah lumayan berumur, dan penantian sudah lebih dari 4 tahun (seingat saya). Beliau cerita berhasil hamil dengan dokter Aditya di rsia Sari Asih.
Berbekal dari situlah, di siklus berikutnya kami ke Sari Asih.. Tapi hasilnya mengecewakan, karena beliau menyarankan untuk kembali ke dr Ivander untuk meneruskan promilnya.. Dan diresepkan sama dengan resep dr Ivander. Akhirnya siklus berikutnya lagi, kami kembali ke dokter Ivander, dan beliau menyarankan tindakan SIS untuk melihat saluran tuba saya.

Karena terbentur biaya (promil itu mahal buuu,,, ) dan kami juga sudah lelah _ lelah minum obat, mondar-mandir.. (padahal sih itu ga seberapa yaa.. dasarnya aja tukang ngeluh :p). hehe..
The last, kami vakum dulu sementara untuk berobat dokter.. dan mencoba lagi untuk promil alami..
jadi kurang lebih ke dr Ivander ada lah yaa 4 siklus..

Penasaran promil alaminya apa aja ???

berlanjut di halaman berikutnya yaah... 

Tidak ada komentar:

Kehamilan Kedua

            Waktu itu tanggal 7 Februari 2021, ada seseorang share di grup wa tentang seleksi beasiswa S2 tazkia jurusan magister ekonomi sy...